Selasa, 31 Maret 2020, WIB

Kamis, 05 Mar 2020, 09:10:32 WIB, 41 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Info Kesehatan

Sebanyak 82 negara dunia per Kamis (5/3/2020) tersengat corona. Dalam sehari kemarin, setidaknya ada tujuh negara yang melaporkan kasus pertama corona di negerinya.

Negara tersebut antara lain Polandia, Gibraltar, Kepulauan Faroe, Liechtenstein, Saint-Barthélemy. Terakhir, adalah Hungaria dan Slovenia.

 

Hungaria melaporkan kasus pertama yang melibatkan dua mahasiswa dari Iran. Mereka merupakan pelajar di Hungaria.

"Dua pasien telah dibawa ke perawatan medis karena infeksi coronavirus," kata Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban dalam pesan video Facebook.

Pejabat rumah sakit setempat mengatakan kepada wartawan bahwa kedua pasien telah mengunjungi keluarga di Iran baru-baru ini. Saat ini teman sekamar mereka sedang dikarantina.

"Pihak berwenang berusaha untuk membangun sejarah perjalanan mereka di Hongaria dan dengan siapa mereka telah berhubungan," kata pejabat.

 

Di Slovenia, kasus pertama negara itu melibatkan Italia. "Pasien, berusia sekitar 60 yang kembali dari Maroko melalui Italia," kata Menteri Kesehatan Ales Sabeder.

Pasien telah mengunjungi dokter keluarga sebelum diuji. Saat ini di rumah sakit di ibu kota Ljubljana.

Sementara kasus terus menurun di pusat episentrum virus China. Namun infeksi dan kematian meningkat di kawasan Asia lainnya dan Eropa.

Bahkan kasus baru muncul di negara-negara baru hampir setiap hari. Di luar China, Korea Selatan, Iran, dan Italia muncul sebagai hotspot baru.

Berdasarkan data arcgis Johns Hopkins CSSE, ada 95.124 kasus corona di seluruh dunia. Sementara 51.171 orang dinyatakan telah sembuh.

Sekitar 3.254 orang meninggal di seluruh dunia karena virus. Sebagian besar korban meninggal di Cina tempat COVID-19 pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejauh ini belum mengumumkan pandemi. Meskipun demikian, organisasi PBB ini mengatakan dunia harus bersiap untuk kemungkinan itu.





Tuliskan Komentar