Selasa, 04 Agustus 2020, WIB

Rabu, 12 Feb 2020, 09:54:26 WIB, 53 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Kegiatan Dinkes

Dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional.” Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” Indonesia setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”. Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB. Terima kasih, dalam kurun waktu 5 tahun angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 %.

Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata.

Demikian yang disampaikan Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM dalam membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada upacara Hari Kesehatan Nasional dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” di Lapangan Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal, Jumat 15 Nopember 2019.

Selanjutnya setelah selesai upacara dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Camat Margadana sebagai Kecamatan Bebas dari BAB Sembarangan (Open Defecation Free/ODF) serta penandatanganan Deklarasi Bersama 8 Kelurahan Bebas dari BAB Sembarangan (ODF) yaitu Kelurahan Kaligangsa, Krandon, Kalinyamat Kulon, Pesurungan Lor, Sumur Panggang, Pesurungan Kidul, Keturen dan Slerok. Juga penyerahan piala dan penghargaan kepada pemenang Lomba Film Promosi Kesehatan, Pelaksana Terbaik Posyandu Tingkat Kota Tegal dan Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Kota Tegal Tahun 2019.

Acara dilanjutkan dengan senam bersama, ramah tamah insan kesehatan, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.





Tuliskan Komentar