Minggu, 28 November 2021, WIB

Rabu, 27 Jan 2021, 09:04:59 WIB, 7287 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Info Covid-19

Pada hari Senin, 25 Januari 2021 dilakukan pencanangan vaksin covid-19 Kota Tegal dan vaksinasi oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE ,MM dengan dihadiri Wakil Walikota Tegal, Mumahad Jumadi, ST, MM, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari W, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, pejabat public, tokoh agama dan tokoh masyarakat bertempat di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan pemberian vaksin covid-19 dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan komunitas atau herd immunity terhadap penularan covid-19. Sedangkan tujuan vaksin adalah menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat covid-19. "Namun setelah pengecekan dari tenaga medis, saya (Walikota Tegal-Red) untuk saat ini tidak bisa di suntik vaksin karena hasil tes menunjukan gula darah saya naik" ujar Dedy Yon. Dedy Yon juga berharap setelah gula darah turun dan semuanya kondisi tubuh sehat, dirinya tetap akan siap divaksin.

Sementara itu, Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi yang dinyatakan sehat dan lulus screening oleh petugas kesehatan langsung diberikan suntik vaksin pada lengan kirinya. Jumadi mengaku setelah di suntik vaksin lengan terasa pegal. "Mudah mudahan semuanya baik-baik saja, lancar karena ini yang pertama jadi nerves. Untuk warga kota tegal saya meminta agar tidak susah khawatir dan takut untuk di vaksin serta tetap berdoa agar setelah vaksin kita sehat dan corona hilang" ujar Jumadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Prima Indraswari mengatakan jumlah total sasaran vaksin di Kota Tegal sebanyak 174.505 dan untuk tahap pertama sasaran tenaga kesehatan yang akan divaksin sebanyak 2.967. Pemberian Vaksin akan dilaksanakan di 13 fasilitas pelayanan Kesehatan di Kota Tegal yaitu Rumah sakit umum, seluruh puskesmas, klinik Asyifa dan Klinik Werkudoro Tegal

"Pemberian vaksin dilaksanakan melalui tahapan 4 meja yaitu, meja 1 pendaftaran, meja 2 screening atau penapisan dan pemeriksaan fisik, meja 3 penyuntikan dan meja 4 untuk pencatatan administrasi pelaporan serta observasi selama 30 menit" kata Prima.

Dr. Prima menambahakan pemberian vaksin di bagi empat tahap, yang pertama vaksin diberikan untuk tenaga kesehatan dan 10 pejabat publik, tahap ke dua diberikan kepada pemberi pelayanan publik, tahap ke tiga kepada masyarakat atau kelompok rentan, dan tahap ke empat diberikan kepada masyarakat umum





Tuliskan Komentar