Sabtu, 08 Agustus 2020, WIB

Senin, 28 Mei 2018, 12:12:16 WIB, 1052 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : KEGIATAN BIDANG KESMAS

Indonesia sedang mengalami perubahan pola penyakit atau sering disebut transisi epidemiologi, yang ditandai dengan meningkatnya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, dll). Sementara kesakitan dan kematian akibat penyakit menular.

Meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah dan masyarakat karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar. Disamping biaya yang besar, PTM juga menyebabkan kecacatan dan kematian sehingga menyebabkan hilangnya potensi sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan social ekonomi.

Upaya promotif dan preventif sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kesakitan dan kematian akibat PTM maupun penyakit menular, dan sejalan dengan RPJMN 2015-2019. Mengingat pencegahan penyakit akan sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan dan sarana prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat. Karenanya perlu adanya penguatan paradigma pembangunan kesehatan dari kuratif rehabilitative menjadi promotif preventif yang dilakukan melalui pendekatan multi sektor serta menyusun rencana aksi terkait penguatan upaya promotif dan preventif, yang kemudian digagaslah satu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang akan menjadi panduan bagi lintas sektor terkait dalam berpartisipasi aktif mendorong masyarakat untuk hidup sehat.

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan pencanangan Germas adalah agar tersebar luasnya informasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta adanya komitmen untuk melaksanakan Germas Hidup Sehat oleh seluruh komponen masyarakat di tingkat kecamatan.

Pencanangan Germas Hidup Sehat dilaksanakan di 4 (empat) kecamatan dengan jadwal pelaksanaan sbb:

  1. Kecamatan Tegal Barat: 26 Maret 2018
  2. Kecamatan Margadana : 29 Maret 2018
  3. Kecamatan TegalTimur: 2 April 2018
  4. Kecamatan Tegal  Selatan  : 3 April 2018

 

Kegiatan Pencanangan Germas Hidup Sehat dihadiri 100 orang per kecamatan dan masing-masing kecamatan dihadiri oleh Forkompincam, UPPD Disdik, KUA, Lurah, TP-PKK kecamatan dan kelurahan, Ketua FKK dan kader kesehatan.

Selaku Narasumber dalam pencanangan Germas adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Camat dan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tegal





Tuliskan Komentar