Selasa, 11 Mei 2021, WIB

Jumat, 05 Des 2014, 10:55:34 WIB, 1688 View Administrator, Kategori : Kegiatan Dinkes

RABU, 5 Desember 2014 bertempat di Dinas Kesehatan Kota Tegal dengan disaksikan oleh Tim Pemusnahan dan dari balai POM dilaksnakan pemusnahan obat dan perbekes di Dinas Kesehatan Kota Tegal, latar belakang kegiatan —Pemusnahan obat merupakan kegiatan penyelesaian terhadap obat- obatan yang tidak dipakai karena kadaluarsa,rusak atau mutunya sudah tidak memenuhi standar,—Pemusnahan obat yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja terutama dalam hal biaya penyimpanan, pemeliharaan,penjagaan atas obat dan perbekkes yang sudah tidak layak dipelihara, —Keterbatasan pendanaan untuk pembuangan limbah farmasi membutuhkan pengelolaan dan metode yang sadar biaya.

adapun tujuan dari kegiatan ini adalah

1. Melindungi Masyarakat dari bahaya yang disebabkan oleh penyalahgunaan obat yang tidak memenuhi persyaratan mutu, keamanan dan kemanfaatan.

2.Melaksanakan penghapusan barang milik daerah dalam hal ini obat dan perbekalan kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

3.Menghindari pembiayaan seperti biaya penyimpanan,penjagaan atas obat atau perbekalan lain yang sudah tidak layak dipelihara.

dalam arahannya bapak Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal menyampaikan " Untuk meminimalkan adanya obat rusak adalah dengan penyimpanan yang baik dan sesuai standar dan untuk meminimalkan obat kadaluarsa/ED adalah dengan memperbaiki perencanaan. dan Perencanaan yang baik sudah dimulai dari tahun 2014 dengan adanya tim POT ( Perencanaan Obat Terpadu ) yang melibatkan Puskesmas dan BP4 sebagai User/ yang menggunakan obat, dan perencanaan obat sudah disesuaikan dengan anggaran yang tersedia



Senin, 07 Des 2020 TURUT BERDUKA CITA


Tuliskan Komentar