Minggu, 19 September 2021, WIB

Rabu, 14 Mar 2018, 11:42:31 WIB, 2875 View Administrator, Kategori : PUSKESMAS MARGADANA

Dalam rangka lebih meningkatkan efektifitas pencapaian upaya Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu (PP-ASI) UPTD Puskesmas Margadana telah membuat inovasi /terobosan melalui KPA-ASI Dengan Simbah Peduli ASI, demi tercapainya peningkatan derajat kesehatan ibu dan bayi. Simbah Peduli ASI mempunyai konsep yang komprehensip melalui kegiatan yang disiapkan yaitu pemberdayaan dengan membangkitkan simbah untuk mendorong pemberian ASI Ekslusif pada cucunya.
Kegiatan Inovasi Kelompok Peduli ASI (KP – ASI) merupakan Kegiatan yang efektif untuk meningkatkan cakupan ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kelompok Peduli ASI adalah beberapa orang yang mengalami situasi yang sama atau memiliki tujuan yang sama, yang bertemu secara rutin untuk saling menceritakan kesulitan, keberhasilan, informasi dan ide berkaitan dengan situasi yang dihadapi atau upaya mencapai tujuan yang diinginkan. Pertemuan kelompok peduli ASI dilaksanakan dalam suasana bersahabat, nyaman, saling mempercayai dan menghargai. Melalui pertemuan pertemuan tersebut, peserta sebuah Kelompok Peduli dapat saling memberi dan menerima dukungan, baikberupa dukungan teknis, moral maupun emosional untuk sukses mengatasi situasi yang dihadapi atau mencapai tujuan yang diinginkan.
Peserta Kelompok Peduli ASI (KP ASI) dengan Simbah Peduli ASI secara khusus diselenggarakan untuk para ibu dan orang tua ibu (simbah) yang ingin berhasil melaksanakan pemberian air susu ibu (ASI) secara optimal, yang meliputi inisiasi menyusu dini (IMD), ASI Eksklusif 6 bulan, dan meneruskan pemberian ASI hingga 2 tahun atau lebih dengan makanan pendamping yang bergizi. Mereka bertemu secara rutin sebulan sekali termasuk kunjungan rumah untuk saling bertukar pengalaman, berdiskusi dan saling memberi dukungan terkait kesehatan ibu dan anak khususnya seputar kehamilan, menyusui dan gizi, dipandu/difasilitasi oleh motivator.
Kelompok Peduli ASI dengan Simbah Peduli diutamakan ibu hamil serta ibu ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan dan yang tak kalah yaitu orang tua dari ibu hamil (simbah). Walaupun demikian, kelompok ini terbuka untuk orang orang lain yang memiliki minat yang sama. Suami atau anggota keluarga lain dari seorang ibu hamil / menyusui, seorang perempuan yang belum hamil tapi sudah berkeinginan untuk menyusui bayinya suatu saat, atau tenaga kesehatan yang ingin belajar dari dan berbagi informasi dengan para ibu hamil/ menyusui dapat dilibatkan dalam pertemuan Kelompok Peduli ASI.
Diskusi di dalam pertemuan Kelompok Peduli ASI diutamakan pada isu seputar ASI dan menyusui. Walaupun demikian, bila diskusi berkembang dengan baik tidak tertutup kemungkinan untuk mencakup isu isu lain yang berhubungan dengan situasi peserta Kelompok Peduli ASI, misalnya perawatan ibu pada masa kehamilan, proses persalinan dan pemulihan pasca persalinan.
Adanya Kelompok Peduli ASI menganjurkan bagi ibu yang baru melahirkan untuk bergabung dengan kelompok ini ketika sudah keluar dari rumah sakit atau klinik. Kelompok ini akan menjadi jembatan pada ibu untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu serta proses pembelajaran secara aktif tentang pemberian ASI secara tepat dan benar. Perubahan baik secara fisik dan emosional bagi seorang ibu memerlukan banyak empati dari orang dan lingkungan yang tepat atau kelompok ini sangat berpengaruh pada keberhasilan pemberian ASI Ekslusif.
Tentu saja tanpa membedakan latar belakang seorang Ibu, kelompok ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan mereka untuk mendukung keberhasilan pemberian ASI Ekslusif. Dan sebagai tempat berkumpul para ibu agar percaya diri, saling menghargai dan mendukung satu sama lain agar sukses menyusui.
Diharapkan denagn kegiatan ini akan semakin memotivasi, menyebarluaskan dan membangkitkan gerakan-gerakan program KP-ASI di keluahan yang lain di Kota Tegal. Sehingga kedepan seluruh stake holders turut mempertahankan, meningkatkan dan menyebarluaskan Program Simbah Peduli ASI, sehingga anak-anak kita mendapatkan Gizi yang berkualitas melalui ASI Eksklusif dan pada akhirnya dapat mencapai kehidupan yang sehat.



Kamis, 05 Agu 2021 Lowongan Kerja Suveilans


Tuliskan Komentar