Jumat, 03 Februari 2023, WIB

Selasa, 27 Des 2022, 08:34:34 WIB, 2051 View Administrator, Kategori : Informasi

Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah telah menetapkan. Jadwal libur dan cuti bersama Natal dan tahun baru ini menjadi acuan saat hendak berlibur.

Bukan hanya bisa mempererat hubungan antaranggota keluarga, berwisata maupun mudik ini bisa bermanfaat juga bagi kesehatan fisik dan mental pribadi. Artikel Inc.com mencantumkan empat manfaat kesehatan yang bisa diraih dengan berlibur atau istirahat dari pekerjaan. Berikut manfaatnya: 


1. Pengurangan stres 

Artikel tersebut mengutip beberapa penelitian, salah satunya mencatat bahwa berlibur membuat orang tidak melakukan aktivitas yang mereka kaitkan dengan stres dan kecemasan. Penelitian lain menunjukkan tingkat stres seseorang bisa berkurang selama masa liburan hingga waktu awal kembali bekerja. Sementara penelitian lainnya menemukan bahwa para pelancong memiliki lebih sedikit penyakit fisik seperti sakit kepala dan sakit punggung. 


2. Kesehatan jantung

Studi menunjukkan peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada orang yang melewatkan liburan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya beban kerja yang didapat di kantor. 


3. Peningkatan produktivitas 

Para peneliti mengatakan liburan membantu karyawan fokus ketika mereka kembali bekerja. Dengan begitu, hal itu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Ernst & Young menyimpulkan bahwa untuk setiap 10 jam waktu liburan, kinerja akhir tahun karyawan bisa meningkat sebesar 8 persen. Studi lain melaporkan bahwa orang yang mengambil cuti cenderung tidak meninggalkan perusahaan.

4. Tidur lebih baik 

Para peneliti mengatakan gangguan tidur adalah masalah serius bagi karyawan yang terlalu banyak berpikir. Liburan, kata mereka, membantu orang mengatur ulang pola tidur mereka.