Jumat, 03 Februari 2023, WIB

Rabu, 25 Jan 2023, 11:01:05 WIB, 84 View Administrator, Kategori : Artikel Kesehatan

Setiap tahun pada tanggal 25 Januari, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional. Sesuai namanya, hari ini dirayakan untuk mengampanyekan perjuangan menuju Indonesia sehat dan bebas kekurangan gizi kronis (stunting) dengan distribusi gizi yang seimbang dan merata ke seluruh daerah Indonesia, tanpa terkecuali.

Untuk tahun 2023, Kementerian Kesehatan RI mengambil tema Hari Gizi dan Makanan Nasional 2023 yaitu "Protein Hewani Cegah Stunting" di Indonesia. Slogan yang dibawakan kali ini yakni "Protein Hewani Setiap Makan" dan "Isi Piringku Kaya Protein Hewani".

SEJARAH HARI GIZI NASIONAL

 
Melansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950. Saat itu, Menteri Kesehatan J Leimena mengangkat Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR), yang waktu itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an. Kemudian, peringatan Hari Gizi Nasional dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an. Hingga sekarang, Hari Gizi Nasional merupakan agenda resmi Kementerian Kesehatan RI.