Minggu, 28 November 2021, WIB

Senin, 15 Nov 2021, 10:50:49 WIB, 143 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Kegiatan Dinkes

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini dilaksanakan di tengah upaya kita semua, bahu membahu dan bergotong royong dalam masalah Covid-19. Kita semua menyadari, bahwa pandemic Covid-19 merupakan krisis Kesehatan global dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian telah dikonfirmasi dan dilaporkan terjadi di 225 negara, sejak kasus pertama dilaporkan di Wuhan akhir tahun 2019 hingga awal Oktober 2021.

Pemerintah Kota Tegal telah mengambil langkah cepat untuk merespon setiap kejadian dan penyebaran kasus Covid-19 ini. Kebijakan-kebijakan strategis yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi epidemiologi kasus Covid-19 telah diterapkan dan membawa hasil yang menggembirakan. Saat ini kasus Covid-19 di Kota Tegal telah terkendali. Upaya vaksinasi juga membuahkan hasil, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama saat ini di atas 105 %. Kota Tegal juga merupakan kota pertama di Jawa Tengah yang masuk dalam level 1 PPKM.

Keberhasilan Kota Tegal dalam menurukan jumlah kasus dan kematian Covid-19 wajib kita syukuri bersama namun tentunya kita tidak boleh menurunkan kewaspadaan, hal ini disebabkan karena penyebaran Covid-19 banyak memunculkan varian baru yang sulit diprediksi. Oleh karena itu saya menghimbau agar kita semua tetap mematuhi protocol Kesehatan di setiap kegiatan, tetap melaksanakan 3 T (testing, tracing dan threatment) dan tetap mengupayakan pencapaian tinggi vaksinasi khususnya dosis ke-2 guna terwujudnya herd imunity di Kota Tegal.

Hari Kesehatan Nasional Ke-57 Tahun 2021 yang mengusung tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, sangatlah relevan dengan situasi kondisi kota tegal saat ini. Tema ini akan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan Kesehatan dan masyarakat kota tegal, untuk bangkit dari kondisi Covid-19 dan menggerakan pemulihan ekonomi masyarakat.

Acara apel peringatan HKN ke-57 dilanjutkan dengan pemberian penghargaan, ramah tamah insan kesehatan, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 Tahun 2021 antara lain :

  • Apel Besar HKN dilaksanakan tanggal 12 Nopember 2021 di halaman Pendopo Kompleks Balai Kota Tegal;
  • Pemberian penghargaan kepada unsur aparatur pemerintah, unsur pemberi layanan kesehatan dan komponen masyarakat yang telah berdedikasi tinggi dalam penanggulangan pandemic Covid 19.
  • Kegiatan pengembangan kapasitas dengan agenda penyelenggaraan Midwife Update yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia pada tanggal 5, 6, 7 Nopember 2021, Seminar diabetes mellitus up date pada masyarakat awam diselenggarakan pada tanggal 22 Nopember 2021.
  • Lomba Kelurahan siaga Covid 19 dilaksanakan tanggal 27 September s.d 7 Oktober 2021, Lomba Film Kesehatan dalam rangka penanggulangan pandemi Covid 19 dilaksanakan pada tanggal 23 September 2021
  • Pelayanan Percepatan Vaksinasi dengan berbagai inovasi yang salah satu inovasinya adalah pelayanan vaksinasi 24 jam.
  • Persiapan Launching Open Defecation Free (ODF) pada tanggal 16 Nopember 2021, dan eliminasi frambusia tahun 2021.





Tuliskan Komentar