Selasa, 23 Juli 2019, WIB

Rabu, 14 Mar 2018, 11:25:10 WIB, 161 View Administrator, Kategori : Artikel Kesehatan

World Health Day 2014; Small Creatures Big Threat

 Hari Kesehatan Dunia - 7 April 2014

Kewaspadaan terhadap penyakit berbasis lingkungan salah satunya vector borne diseases (penyakit yang ditularkan melalui vektor binatang) semakin pentinng untuk ditingkatkan ditengah isu penyakit degeneratif yang sudah mulai masif di masyarakat. Karena kewaspadaan terhadap re-emerging diseases (penyakit lama yang muncul kembali) salah satunya penyakit akibat vektor binatang masih juga menjadi masalah di negara berkembang seperti Indonesia

Hal inilah rupanya yang mendasari World Health Organization atau WHO mengambil tema vector borne diseases sebagai tema peringatan hari kesehatan sedunia. Berikut ini uraian tentang peringatan Hari Kesehatan Sedunia Tahun 2014 yang diambil langsung dari situs resmi WHO yaitu www.who.org.


World Health Day 2014; Small Creatures, Big Threat (Makhluk Kecil dengan Ancaman Besar)

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia
Hari Kesehatan Sedunia dirayakan pada tanggal 7 April setiap tahun untuk menandai berdirinya WHO pada tahun 1948 . Setiap tahun tema yang dipilih menyoroti prioritas kesehatan masyarakat . Momen ini  memberikan kesempatan bagi individu dalam setiap masyarakat untuk terlibat dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik .

Apa vektor dan vektor penyakit ?
Vektor adalah organisme yang menularkan patogen dan parasit dari satu manusia yang terinfeksi (atau hewan) kepada manusia yang lain. Vektor penyakit adalah penyakit yang disebabkan oleh patogen ini dan parasit pada populasi manusia. Mereka yang paling sering ditemukan di daerah tropis dan tempat di mana akses terhadap air minum dan sanitasi yang sehat terhambat .

Penyakit vector-borne paling mematikan , malaria , menyebabkan sekitar 660 000 kematian pada tahun 2010 . Sebagian besar adalah anak-anak Afrika . Namun, penyakit vector-borne paling cepat berkembang di dunia adalah demam berdarah , dengan peningkatan 30 kali lipat dalam kejadian penyakit selama 50 tahun terakhir . Globalisasi, perdagangan, kemajuan transportasi dan tantangan lingkungan seperti perubahan iklim dan urbanisasi mempunyai dampak pada penularan penyakit vector-borne , dan menyebabkan munculnya penyakit di negara-negara di mana sebelumnya tidak terdapat penyakit tersebut.

Tema Kampanye Hari Kesehatan Sedunia 2014

Dalam beberapa tahun terakhir , komitmen baru dari departemen kesehatan , inisiatif kesehatan regional dan global - dengan dukungan dari yayasan , lembaga swadaya masyarakat , sektor swasta dan komunitas ilmiah - telah membantu untuk menurunkan kejadian dan tingkat kematian dari beberapa vektor penyakit .

Hari Kesehatan Dunia 2014 akan menyoroti beberapa vektor yang paling umum dikenal - seperti nyamuk , sandflies , bug , kutu dan siput - yang dikenal menjadi penyebab penularan/transmisi berbagai parasit dan patogen yang menyerang manusia atau hewan . Nyamuk , misalnya , tidak hanya menularkan malaria dan demam berdarah , tetapi juga filariasis limfatik , chikungunya , Japanese ensefalitis dan demam kuning .


Tujuan Kampanye Hari Kesehatan Sedunia 2014

perlindungan yang lebih baik dari penyakit vector-borne
Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman yang ditimbulkan oleh vektor dan vektor penyakit dan untuk merangsang keluarga dan masyarakat untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri mereka sendiri . Unsur inti dari kampanye ini adalah untuk memberikan masyarakat dengan informasi . Sebagai vektor penyakit mulai menyebar di luar batas-batas tradisional mereka , tindakan yang perlu diperluas di luar negara-negara di mana penyakit ini saat ini berkembang .

Tujuan khusus dari kampanye ini antara lain sebagai berikut :

  • masyarakat yang tinggal di daerah endemis penyakit yang ditularkan vektor memiliki pengatahuan bagaimana melindungi diri mereka sendiri ;
  • wisatawan melakukan perlindungan diri dari vektor dan penyakit akibat vektor ketika bepergian ke negara-negara di manapenyakit akibat vektor masih menimbulkan ancaman kesehatan ;
  • di negara-negara di mana penyakit akibat vektor adalah masalah kesehatan masyarakat , departemen kesehatan dapat membuat kebijakan untuk meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat, dan
  • di negara-negara di mana penyakit akibat vektor adalah ancaman yang muncul , otoritas kesehatan bekerja sama dengan otoritas lingkungan dan relevan secara lokal dan di negara-negara tetangga untuk meningkatkan pengawasan terpadu vektor dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah proliferasi mereka.

sumber : who.org





Tuliskan Komentar