Selasa, 23 Juli 2019, WIB

Senin, 13 Jan 2014, 20:50:53 WIB, 1019 View Administrator, Kategori : Artikel Kesehatan

Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin.

Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari secondhand-smoke, yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok, atau biasa disebut juga dengan perokok pasif.

Oleh karena dampak kesehatan yang begitu besar, maka sangat dianjurkan untuk stop merokok dan menjauhi rokok. Berikut tips dan cara yang dapat digunakan untuk anda yang ingin berhenti merokok.

Untuk dapat berhenti merokok, yang diperlukan paling utama adalah NIAT. Jika niat anda setengah-setengah untuk dapat berhenti merokok, maka dapat dipastikan bahwa usaha anda untuk berhenti merokok akan gagal. Karena itulah, niatkan diri anda sendiri untuk berhenti merokok.

Setelah menetapkan niat, jika anda ingin berhenti merokok, maka lakukan secara TOTAL!
Ada teori yang mengatakan bahwa berhenti secara perlahan, mengurangi jumlah merokok dan sebagainya. Ada beberapa orang yang berhasil melakukan hal tersebut, tapi hal ini juga bisa menjadi bumerang. Berhenti sedikit-sedikit justru sama dengan ketika anda belajar merokok. Lama kelamaan yang ada malah anda semakin "nagih" dan ingin menambah jumlah rokok yang anda hisap.

Tambah kegiatan anda sehari-hari. Berusahalah untuk tidak menyediakan waktu "bengong". Karena diwaktu seperti itulah, anda akan semakin tergoda untuk menyalakan rokok.

Ketika kumpul bersama teman yang merupakan ahli hisap, anda akan diuji sangat berat. Jangan pernah membakar 1 batang rokok pun dengan alasan "cuma pas kumpul", karena hal itu berarti anda sudah menggugurkan niat anda sendiri untuk berhenti merokok.

Dan yang tidak dapat dilupakan, anda HARUS meminta dukungan dari teman, rekan, keluarga, saudara, pacar dan semua orang terdekat anda. Mereka yang akan mengingatkan anda ketika anda akan menyalakan sebatang rokok.





Tuliskan Komentar