Jumat, 18 Oktober 2019, WIB

Senin, 30 Sep 2019, 14:54:37 WIB, 11 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : KEGIATAN BIDANG P3PL

Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit menular dan keracunan makanan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena dapat menyebabkan jatuhnya korban kesakitan dan kematian yang besar serta membutuhkan koordinasi dalam penanggulangannya. KLB perlu dideteksi secara dini dan diikuti tindakan yang cepat dan tepat perlu diidentifikasi adanya ancaman KLB beserta kondisi rentan yang memperbesar resiko terjadinya KLB agar dapat dilakukan peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan KLB.

Selain KLB, masalah kesehatan lain yang perlu diperhatikan adalah krisis kesehatan akibat bencana. Upaya penanggulangannya merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak waktu sebelum terjadinya bencana, pada saat bencana dan setelah terjadi bencana. Oleh karenanya penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana harus mempunyai suatu pemahaman permasalahan dan penyelesaian secara komprehensif serta terkoordinasi secara lintas program maupun lintas sektor.

Untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam melakukan respon cepat penanggulangan KLB, wabah dan krisis kesehatan, maka Dinas Kesehatan Kota Tegal menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tegal dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Tim Penanggulangan KLB, Wabah dan Krisis Kesehatan Tahun 2019 selama dua hari tanggal 23-24 September 2019 bertempat di Dinas Kesehatan Kota Tegal.

Pertemuan ini diikuti oleh lintas program dan lintas program antara lain dari Puskesmas se-Kota Tegal, RSUD Kardinah, PMI Kota Tegal, BPBD Kota Tegal, Camat se-Kota Tegal, PSC 119 Laga Kota Tegal, UPT Labkesda, UPT Instalasi Farmasi dan Pegawai Dinas Kesehatan Kota Tegal.





Tuliskan Komentar