Senin, 23 April 2018, WIB

Kamis, 29 Mar 2018, 12:14:07 WIB, 25 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Kegiatan Dinkes

Pada hari Rabu, 28 Maret 2018 bertempat di aula Rumah Sakit Islam Harapan Anda Tegal telah dilaksanakan Rapat Kerja Kesehatan Kota Tegal (Rakerkesta) Tahun 2018 dengan tema “ Sinergisme program dan penggerakan masyarakat dalam mewujudkan Universal Health Coverage melalui penurunan stunting, peningkatan cakupan dan mutu pelayanan imunisasi serta akselerasi eliminasi tuberculosis Kota Tegal”.

Rapat Kerja Kesehatan Kota atau Rakerkesta merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal sebagai tindak lanjut dari pertemuan rutin Rapat Kerja Kesehatan Nasional  yang digelar pada 4-7 Maret 2018 di International Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang.

Rakerkesta Kota Tegal dihadiri oleh 130 orang peserta dari unsur pemerintah seperti kepala OPD terkait, Camat, Lurah, Kantor Kemenag, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dari unsur DPRD dan juga dari perwakilan ormas, organisasi keagamaan, organisasi profesi dan unsur pendidikan tinggi yang ada di Kota Tegal.

Sebagai narasumber dalam acara tersebut dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kota Tegal, BP4 Kota Tegal, Kabid P2P, Kabid YanSDK dan Kabid Kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.MM.MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa terkait dengan isu strategis nasional yaitu mewujudkan Universal Health Coverage melalui penurunan angka stunting, percepatan eliminasi TB dan peningkatan mutu layanan imunisasi, bahwa tantangan pencapaian target isu strategis tersebut terletak pada tingkat partisipasi/keterlibatan masyarakat untuk secara mandiri berpola hidup sehat di samping upaya pelayanan kesehatan yang prima.

Kebijakan yang akan diambil antara lain :

1.    Mendorong masyarakat tentang pentingnya pembiayaan kesehatan dan meningkatkan peran serta swasta dalam mengikutsertakan karyawannya sebagai peserta JKN, penguatan kebijakan lintas sektoral dalam mendukung Universal Coverage 2019

2.    Untuk menurunkan angka stunting, penggerakan masyarakat pada 1000 hari pertama kehidupan, serta peningkatan kesehatan reproduksi menjadi prioritas

3.    Untuk mempercepat eliminasi Tuberculosis akan ditingkatkan penemuan penderita, penemuan missing case dengan menguatkan jejaring layanan kesehatan dengan lintas program, lintas sektor, swasta dan masyarakat. Peningkatan tata laksana untuk pengobatan adekuat dan tuntas guna meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka TB multidrug resisten.

4.    Untuk meningkatkan layanan imunisasi, keterlibatan masyarakat menjadi kunci dalam mempertahankan Universal Child Immunization dan menguatkan supervise fasilitatif, meningkatkan kemampuan petugas dan memastikan rantai vaksin dan meningkatkan vaksin efikasi.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Komitmen antara pemerintah, RS dan elemen masyarakat guna menuju masyarakat Kota Tegal yang sehat dan berkualitas serta pemberian penghargaan kepada Kelurahan Debong Kidul sebagai kelurahan pertama yang sudah ODF ( Open Defecation Free ) atau kelurahan yang bebas dari buang air besar sembarangan.





Tuliskan Komentar