Senin, 19 Agustus 2019, WIB

Selasa, 02 Jul 2019, 11:49:03 WIB, 19 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : KEGIATAN BIDANG KESMAS

SPM adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu Pelayanan Dasar yang merupakan Urusan Pemerintahan Wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal dn merupakan kewajiban bagi pemerintah Daerah untuk menjamin setiap warga negara memperoleh kebutuhan dasarnya seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, sosial dan lain-lain. SPM diberlakukan secara nasional untuk seluruh Pemerintahan Daerah.

Untuk mengawal pelaksanaan program kesehatan di daerah maka perlu ditetapkan SPM Bidang Kesehatan. Jenis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan Daerah Kab/Kota sesuai Permenkes No. 4 Tahun 2019 ada 12 indikator yaitu :

 

1. Pelayanan kesehatan ibu hamil;

2.Pelayanan kesehatan ibu bersalin;

3.Pelayanan kesehatan bayi baru lahir;

4.Pelayanan kesehatan balita;

5.Pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar;

6.Pelayanan kesehatan pada usia produktif;

7.Pelayanan kesehatan pada usia lanjut;

8.Pelayanan kesehatan penderita hipertensi;

9.Pelayanan kesehatan penderita diabetes melitus; 10.Pelayanan kesehatan orang dengan gangguan jiwa

berat;

11.Pelayanan kesehatan orang terduga tuberkulosis; dan

12.Pelayanan kesehatan orang dengan risiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia (Human Immunodeficiency Virus).

Dinas Kesehatan Kota Tegal dalam rangka pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan serta sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 tahun 2019 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) telah menyelenggarakan program PIS-PK menggunakan aplikasi Sistem Informasi Keluarga Sehat Terintergrasi Sistem Informasi Kesehatan (SIGASIK). Hasil dari program PIS-PK disampaikan dalam Pertemuan Desiminasi Informasi Hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada tanggal 2 Juli 2019 di Dinas Kesehatan Kota Tegal yang dihadiri oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM dan seluruh jajaran SKPD, lurah, camat, ormas dan kader kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari,Sp.KK.MM.MH menyampaikan bahwa kegiatan Pertemuan Desiminasi Informasi Hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan informasi terkait hasil program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga di Kota Tegal.

‘’Bahwa kegiatan PIS-PK telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal dan jajarannya dengan membangun aplikasi SIGASIK (Sistem Informasi Keluarga Sehat Terintegrasi Sistem Informasi Kesehatan) dengan capaian keluarga sehat 26,8%, keluarga pra sehat 62,0 %, keluarga tidak sehat 11,2 %,’’ papar dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.MM.MH





Tuliskan Komentar