Senin, 19 Agustus 2019, WIB

Selasa, 09 Jul 2019, 15:51:22 WIB, 23 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Kegiatan Dinkes

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Dinas Kota Tegal telah membantuk unit Pelayanan Gawat Darurat sejak pertengahan tahun 2017 dengan nama PSC 119 Laga (Layanan Gawat Darurat) Kota Tegal. Pada awalnya unit PSC 119 masih bergabung dengan ruangan bidang Yan-SDK dan akhirnya berhasil mengusulkan pembangunan gedung PSC 119 dan mulai dibangun pada akhir Maret 2019 s.d 29 Juni 2019 dengan menghabiskan biaya sebesar Rp. 194.172.000,-

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM dalam pertemuan Desiminasi Informasi Hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) menyampaikan bahwa Walikota Tegal juga akan meresmikan Gedung Public Safety Center (PSC) Laga 119 Kota Tegal.

‘’Ini program pemerintah pusat yang dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota. Tentunya dengan pelayanan ini masyarkat dapat dilayani dengan cepat. Bukan hanya dari sisi informasi saja, masyarakat bisa melakukan kontak PSC, sebagai pelayanan cepat dan darurat bagi masyarakat agar dipermudah,’’ ujar H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM.

Dalam hal tersebut Pemkot Tegal melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal akan mengkomunikasikan dengan pihak terkait (Telkom) agar dapat memiliki kontak center sendiri bernomor khusus yang mudah diingat masyarakat. Sementara warga masyarakat jika memerlukan pelayanan gawat darurat bisa menghubungi nomor : 082211555119 lewat nomor hp/smartphone.

‘’Pelayanan di Kota Tegal semakin hari semakin lebih baik. Bila mana ada warga masyarakat yang sakit bisa ditindaklanjuti sampai tingkat keluarga, program ini lebih fokus untuk semua masyarakat khususnya dalam keluarga. Contohnya bila mana dimasyarakat ada pasien demam berdarah maka kita akan melakukan tindakan ke lokasi seperti fogging, pembersihan lokasi sarang nyamuk. Sedangkan terkait gizi, bukan hanya yang bersangkutan saja dalam hal ini penderita, namun keluarga, lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Agar kedepan selain bersih, Kota Tegal juga sehat.’’ ujar Wali Kota Tegal.




Tuliskan Komentar