Senin, 19 Agustus 2019, WIB

Selasa, 29 Mar 2019, 15:40:40 WIB, 16 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : Kegiatan Dinkes

Dalam rangka pencegahan, penanggulangan dan deteksi dini faktor resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi pada saat mudik hari raya dan sesuai dengan instruksi Kemenkes dalam rangka pengamanan arus mudik hari Raya Idul Fitri 1940 H, Dinas Kesehatan Kota Tegal bekerjasama dengan sektor-sektor terkait pada hari selasa tanggal 28 Maret 2019 telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pengemudi menyambut arus mudik di terminal tiep A Kota Tegal. Kegiatan pemeriksaan kesehatan pengemudi ini diikuti ±105 sopir / pengemudi. Adapun jenis pemeriksaan kesehatan pengemudi meliputi; anamnesa/wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan alkohol pernafasan dan amphetamine urin. Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan menjadi dasar bagi sopir/pengemudi apakah sopir tersebut  laik mengemudi atau tidak laik mengemudi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pengemudi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tegalbersama sector-sektor terkait dari 105 pengemudi sebanyak 74 orang ( 70,5 %) dinyatakan Laik mengemudi dan ada sebanyak 31 orang ( 29 %) dinyatakan Laik mengemudi dengan catatan. Untuk pengemudi yang dinyatakan Laik Sehat dengan catatan diharapkan untuk supaya mengontrol kesehatan seperti cek kadar gula darah, istirahat cukup dan lain-lain.

Adanya pemeriksaan kesehatan pengemudi ini, masyarakat/penumpang yang akan  mudik menggunakan armada bus dipastikan mendapatkan sopir/pengemudi yang benar-benar dalam kondisi prima atau Laik mengemudi. Pengemudi yang sehat akan membuat perjalanan menjadi aman dan mengantarkan penumpang selamat sampai tujuan sesuai dengan slogan pemerintah “ Pengemudi Sehat Penumpang Selamat”.





Tuliskan Komentar