Rabu, 13 November 2019, WIB

Jumat, 10 Agu 2018, 11:35:58 WIB, 878 View Wandoyo Wira Atmaja, Kategori : KEGIATAN BIDANG KESMAS

Pada hari Rabu tanggal 8 agustus 2018 bertempat di ruang rapat 2 lantai 2 Dinkes Kota Tegal, adapun pemilihan/peserta terbagi menjadi 2 yaitu peserta dari siswa Sekolah Dasar untuk pemilihan Duta STBM dan pemilihan Natural Leader berasal dari tokoh masyarakat, seperti Lurah, Kader Kesehatan, tokoh masyarakat atau tokoh di lingkungan masyarakat kelurahan yang berhasil mengajak masyarakat di lingkungannya untuk melakukan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Latar belakang dilaksanakannya pemilihan Duta STBM dan Natural Leader bahwa tiga dari tujuh indikator kota kumuh adalah akses sanitasi, persampahan, dan masalah air minum yang merupakan pilar kedua dari dari STBM, berdasar data terdapat  2.097  rumah tidak punya jamban keluarga dan 683 rumah tidak memiliki septic tank. Berdasarkan data STBM Kota Tegal tahun 2017 diketahui bahwa pencapaian untuk pilar  1 (stop BABS) : 94,19 persen, pilar 2 ( cuci tangan pakai sabun) : 93,74 persen, pilar 3 ( pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga ) : 97,37 persen, pilar 4 ( pengelolaan sampah rumah tangga ) : 86,82 persen dan pilar 5 ( pengelolaan limbah cair rumah tangga ) : 90,05 persen.

Berkaitan dengan pilar 1 STBM Kota Tegal baru memiliki 1 kelurahan ODF, sehingga untuk mencapai target dan perlu dilakukan upaya, untuk mendorong perubahan perilaku pada seluruh masyarakat di Kota Tegal melalui agen-agen perubahan yang berdedikasi tinggi dan mampu menggerakkan teman, saudara, anggota masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk mau melaksanakan perilaku hidup sehat pada umumnya dan  stop BABS pada khususnya.

Adapun tujuan umum dilaksanakannya pemilihan Duta STBM dan Natural Leader adalah mencari agen perubahan yang berdedikasi tinggi dan mampu menggerakkan teman sebaya/sekolah dan anggota keluarga  serta masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk menerapkan perilaku hidup sehat dengan Stop BABS dalam mencapai Kota Tegal ODF 100 persen, sedangkan tujuan khususnya yaitu : mancari agen perubahan dari siswa SD sebagai Duta STBM dan mencari agen perubahan dari tokoh masyarakat/kader kesehatan sebagai Natural Leader di Kota Tegal.

Selaku dewan juri yang terlibat antara lain Dinar Marnoto, SST, MSi dari Disdik, ibu Gebby Hakim dari TP PKK, Siti Halamah, SKM, MKes dan dr. Inka Roekmiasri dari Dinkes Kota Tegal,

Pada lomba pemilihan duta STBM tersebut juara 1 Mikael Farras G, dari SD Randugunting 6 mendapatkan piala, piagam dan uang 1.000.000, juara 2 Rivai Achmad R. dari SD Tegalsari 4 mendapatkan piala, piagam dan uang 900.000 dan juara 3 Septian Wahyu R dari SD Tegalsari 1 piagam, piala dan uang 800.000

Adapun lomba Natural Leader berturut turut juara 1, 2 dan 3 adalah : Slamet Sugiarto dari Kelurahan Debong Kidul, Moh. Nasik dari Kelurahan Debong kulon dan ibu Nur Elok Hidayati dari Kelurahan Kejambon.




Tuliskan Komentar