Kamis, 15 November 2018, WIB

Rabu, 14 Mar 2018, 11:23:23 WIB, 78 View Administrator, Kategori : Kegiatan Program

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Pebruari. Tema peringatan tahun ini yakni "Debunk The Myths! Ada 4 mitos yang menjadi perhatian dalam peringatan Hari Kanker Sedunia tahun ini. Keempatnya adalah sebagai berikut:

1. Mitos bahwa membicarakan kanker adalah tabu.
2. Mitos bahwa kanker menyerang tanpa gejala sama sekali.
3. Mitos bahwa kanker adalah takdir, tidak ada yang bisa dilakukan kalau sudah terkena.
4. Mitos bahwa pengobatan kanker hanya hak orang-orang tertentu.

Akibat dari mitos ini, pencegahan susah dilakukan, khususnya dari kalangan masyarakat. Padahal, pemeriksaan penting dilakukan untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Makin dini kanker terdeteksi, makin besar pula peluang untuk mengontrolnya. Tindakan pencegahan pun akan lebih mudah dilakukan, kalau semua orang terbuka untuk membicarakan kanker.

Dan yang paling penting adalah kesadaran menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat agar tidak sampai terkena kanker.

Penyakit kanker dipandang oleh sebagian besar masyarakat sebagai penyakit yang menakutkan. Diagnosis penyakit kanker seringkali dianggap merupakan kutukan atau keturunan, membuat penderitanya merasa frustasi, lalu menyerah dan tidak terobati. Meskipun demikian, penyakit kanker sebenarnya seperti penyakit lainnya yang bisa dicegah, dikenali dan diobati.

 4 mitos mengenai penyakit kanker yang perlu dihindari masyarakat:

Mitos 1: Kami tidak perlu bicara tentang kanker.
Sebagian masyarakat masih menganggap kanker adalah hal yang tabu dan menakutkan untuk dibicarakan. Anggapan tersebut menyebabkan penderita kanker masih mengalami diskriminasi dan stigma yang merugikan. Padahal, dengan mengerti kanker, kita dapat melakukan pencegahan dan membantu orang di sekitar kita untuk memahami penyakit tersebut.

Mitos 2: Kanker tidak Memiliki Tanda dan Gejala
Banyak orang menganggap kanker adalah sesuatu yang abstrak karena tidak memiliki tanda atau gejala. Penyakit kanker memang memiliki perjalanan penyakit yang panjang, namun dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus bertambah jenis kanker yang bisa dikenali secara dini. Pada hampir semua kanker terdapat tanda dan gejala awal yang khas yang bisa diketahui penderitanya dengan melakukan pemeriksaan atau deteksi dini.

Mitos 3: Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk kanker.
Vonis kanker tak ubahnya hukuman mati bagi para penderitanya. Mitos ini biasanya muncul dari penderita kanker yang menyerah dan pasrah. Akibatnya, tidak timbul upaya maksimal untuk mencegah dan mengelola kanker. Kita dapat mencegah dan mengelola kanker dari level individu, komunitas, dan pembuat kebijakan. Dengan upaya maksimal kanker tentu bisa ditangani dengan baik.

Mitos 4: Saya tidak punya hak untuk perawatan kanker
Penderita kanker yang dihinggapi rasa takut dan menyerah seringkali tidak memaksimalkan upaya pengobatan. Padahal, upaya pengobatan harus dilakukan semaksimal mungkin untuk kesehatan pasien. Setiap orang berhak dan sejajar dalam upaya pengobatanan kanker. Upaya maksimal tentu berdampak positif bagi penderita. Penderita tidak boleh jatuh pada janji-janji sembarang pengobatan yang belum terbukti kualitas dan efek sampingnya (evidence base).





Tuliskan Komentar