Selasa, 17 Juli 2018, WIB

Rabu, 14 Mar 2018, 11:08:04 WIB, 23 View Administrator, Kategori : Artikel Kesehatan

Sehat ialah modal kehidupan manusia untuk menjalankan peran hidupnya bagi diri sendiri dan peran sosial. Seringkali kita menyebutkan kata sehat dalam kehidupan sehari-hari, tapi apakah kita sudah paham tentang konsep sehat dan sehat sebagai gaya hidup?

Konsep Sehat Menurut UU No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, sehat ialah keadaan baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. “Sehat adalah hak setiap orang”.

Oleh karena itu, setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan, setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya.

Sehat secara menyeluruh yaitu mulai dari janin dalam kandungan, anak balita, remaja, dewasa dan usia lanjut yang perlu diupayakan dan dijaga. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapai keadaan sehat. Sehat ditentukan oleh perilaku manusia itu sendiri. Namun, sehat juga banyak dipengaruhi oleh masalah kemiskinan, kebodohan, pencemaran lingkungan, keamanan, dan lain-lain. Oleh karena itu, sehat menjadi tanggung jawab manusia itu sendiri dan penyedia layanan kesehatan.

Pada intinya, sehat ialah sesuatu yang baik dan membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Selain itu, cara berpikir atau paradigma bahwa “Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya” harus ditanamkan pada diri sendiri dan kehidupan sosial.

Paradigma tersebut ditujukan agar tiap orang mau dan mampu memelihara kesehatannya sehingga tujuan-tujuan hidup manusia dapat tercapai.

Apa Arti Sehat sebagai Gaya Hidup?

Gaya hidup ialah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Selain itu, gaya hidup ialah hasil dari apa yang menjadi aktivitas seseorang (A), apa yang menjadi ketertarikannya/interest (I), dan apa yang menjadi opininya (O). Gaya hidup sehat artinya tidak hanya menghabiskan waktu dan uang untuk hidup sehat, tetapi juga mengarahkan agar AIO seseorang sesuai dengan syarat atau kaidah-kaidah kesehatan seperti menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Seperti konsep sehat bahwa sehat ialah modal kehidupan, maka kondisi sakit atau tidak sehat dapat mengurangi fungsi peran manusia dalam kehidupan sosialnya bahkan mungkin kehilangan peran sosial tersebut. Oleh karena itu, sehat harus menjadi kebutuhan dan gaya hidup sepanjang usia. Artinya, jika kita menganggap menyandang telepon genggam ke manapun sebagai gaya hidup, maka perlakuan itu pula yang harus kita berikan terhadap “sehat”.

Apabila kita malu tidak membawa telepon genggam, maka kita juga harus malu jika tidak sehat sehingga apa pun akan kita lakukan demi menyandang “sehat” ke manapun, asalkan apapun yang kita lakukan sesuai dengan kaidah hidup sehat. Jadikan sehat sebagai gaya hidup.

Aplikasikan dengan gaya hidup sehat pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar demi mewujudkan Gerakan Indonesia Cinta Sehat.





Tuliskan Komentar