Rabu, 19 September 2018, WIB

Kamis, 06 Mar 2014, 10:53:15 WIB, 2713 View Administrator, Kategori : Kegiatan Dinkes

Bapak Walikota Tegal Ikmal Jaya,MH,SE,Ak pada pagi hari Kamis 6 Maret 2014 menghadiri dan me"launching" program baru dalam Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Kota Tegal yaitu Universal Protection di Puskesmas Mampu Persalinan Slerok. Sebagai program yang spesifik lokal, program Universal Protection merupakan wujud kesungguhan Pemerintah Kota Tegal untuk memenuhi hak-hak dasar masyarakat khususnya Kesehatan Ibu dan Anak.

Bentuk pelaksanan Universal Protection

  1. Kesemestaan atas akses informasi kesehatan   ibu hamil  melalui kelas ibu hamil (100% hak atas informasi  kesehatan ibu hamil terpenuhi)
  2. Kesemestaan atas pemenuhan status gizi ibu hamil melalui pemberian nutrisi (susu asam  folat dan tablet Fe)
  3. Kesemestaan atas  pemenuhan hak  mendapatkan  pelayananan pemeriksaan  kehamilan  yang adequate  melalui ANC (antenatal care) terpadu.
  4. Kesemestaan atas pemenuhan  hal mendapatkan  pelayanan  persalinan  yang adequate  dan mendapatkan  jaminan pembiayaan persalinan
  5. Kesemestaan atas pemenuhan  hak mendapatkan  proteksi pada bayi dan balita

Selain melakukan launching program, Bapak Walikota juga melakukan peresmian Puskesmas Mampu Persalinan melalui penandatanganan prasasti peresmian yaitu Puskesmas Slerok, Debong Lor, Kaligangsa, dan Tegal Selatan, sebagai bentuk dukungan sarana prasarana dalam menyukseskan program Universal Protection. Pada kesempatan yang baik ini pula Bapak walikota Tegal melakukan pemberangkatan Mobil Penyuluhan Keliling yang beroperasi di empat wilayah kecamatan di KOta Tegal guna melakukan penyuluhan keliling kepada masyarakat khususnya tentang program Universal Protection.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan peninjauan Puskesmas Mampu Persalinan Slerok yang diiringi alunan musik dari Grup Calung Husada Karya Nada Dinas Kesehatan Kota Tegal.





Tuliskan Komentar